.

. zoel fahmy blog's| SMK DARUNNAJAH 2

  • RSS
  • SMK Darunnajah

Fhoto pilihan

AVRIL
SMK JUARA
MY SISTER

Info Pesantren Modern

Pengikut

My Aquarium

My Aquarium

Thumbnail Recent Post

Clock Blue

Blog Archive

seragam putri darunnajah cipining

inilah muslim

Pembekalan Para Laki-laki SMKDA

Pada waktu itu anak smkda di beri pembekalan untuk berpraktek di dunia kerja

Perpustakaan Menarik, Minat Baca Santri Naik.

“Maju, maju, maju! Ya, awas hati-hati! Okeh…” terdengar suara seperti tukang parkir. Sebenabrnya, yang terjadi bukanlah itu, namun itulah suara komando dari seorang pengurus OSDC (Organisasi Santri Darunnajah Cipining) yang tengah mengomando teman-temannya sesama pengurus dalam mengangkat almari dan beberapa peralatan lain milik bagian perpustakaan

seragam putra santri darunnajah cipining

Muslim Sejati

Air Terjun

Kenangan Bersama si dia



Kesulitan membuat Jadwal Pelajaran hampir dapat dirasakan oleh sekolah-sekolah, terutama yang memiliki jumlah pelajaran dan guru yang banyak, dan ada sebagian guru yang hanya bisa masuk pada hari tertentu saja. Maka jika orang yang menyusun Jadwal Pelajaran secara manual ini belum memiliki pengalaman dan kemampuan, maka akan sangat sulit sekali. Permasalahan yang sering ditemui di lapangan adalah adanya jam yang bentrok/bertabrakan dengan jam yang lain. Disisi lain adanya mata pelajaran yang belum mendapatkan tempat, dimana dia harus masuk.

Salah satu jawaban dari solusi ini adalah aSc Timetables, aplikasi untuk membuat Jadwal Pelajaran secara otomatis. Saat ini Versi yang terbaru adalah versi 2010, versi yang saat ini digunakan oleh Pesantren Darunnajah Cipining. Ada banyak jenis aplikasi pembuat Jadwal Otomatis yang dapat kita temukan di Internet, namun aplikasi yang dipilih oleh Pesantren ini adalah aScTimeTables.

Selain dapat mengatur penempatan jadwal secara otomatis, diantara kelebihan aplikasi ini adalah kita dapat menyesuaikan Pelajaran tertentu untuk ditempatkan dimana yang kita inginkan. Demikian juga jika ada satu guru yang memegang lebih dari satu Mata Pelajaran, bagaimana agar antara satu pelajaran dengan pelajaran yang lain tidak bertemu/nempel maka aSc ini bisa menjawabnya. Juga apabila kita ingin pelajaran tertentu kita kunci untuk ditetapkan pada jam tertentu saja maka kita bisa gunakan fungsi “Lock”. Untuk Pemula, aplikasi ini juga menyediakan menu Tutorial yang memandu kita dalam menggunakan Program Jadwal Otomatis ini.

Aplikasi ini dapat didapatkan di www.asctimetables.com , untuk versi gratis masih dapat digunakan. Namun kita tidak bisa menampilkan Print Preview dan Print Out (untuk keperluan cetak). Namun jika kita sudah melakukan registrasi secara online, maka kita dapat menikmati seluruh fungsi yang ditawarkan oleh aScTimeTables ini. Termasuk untuk keperluan Cetak/Print Preview dan Print Out.

Bagaimana cara meng-install aplikasi ini? Sangat mudah. Tinggaldouble click Aplikasi yang udah di Unduh, setelah itu pilih bahasa yang di inginkan dengan meng-click gambar bendera yang diinginkan. Misalnya kita pilih gambar bendera merah putih, setelah itu click “OK” selanjutnya ikuti proses install sampai menemukan kata “Finish”. Setelah Instalasi selesai, hal yang pertama kali kita lakukan adalah Proses input data. Pada proses ini sedikit memerlukan kesabaran, karena proses ini merupakan langkah yang lumayan memakan waktu, tergantung banyaknya Pelajaran, Guru dan Kelas yang ada di sekolah kita. Jika Proses input ini sudah selesai, maka selanjutnya kita tinggal men-Generate jadwal secara otomatis. Kalaupun ada perubahan, tinggal di Generate ulang.

Komputerisasi Jadwal Pelajaran yang di dambakan sekian lama oleh Pimpinan Pesantren Darunnajah Cipining ini sudah diterapkan sejak dua tahun terakhir, tepatnya pada tahun ajaran 2009/2010. Oleh Biro Pendidikan bagian Kurikulum yakni Ust Nasikhun, S.E (yang sekarang sudah memegang amanah Kepala Madrasah Tsanawiyah), Ust Khanafi Salman, dibantu oleh Ust Afif Maghfuri dan Ust Deni Rusman. Alhamdulillah, sejak diterapkannya jadwal otomatis ini kendala terlambatnya jadwal baru dapat teratasi. Sehingga para santri dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar tepat pada waktunya. [WARDAN/Kang DR]

One Response so far.

  1. mr.bee says:

    cara menggunakannya gimana gan???

Leave a Reply

Flag Counter

free counters

Tukeran Link Otomatis

Label Tag Cloud


Widget by.Zoel Fahmy